Senin, 11 Mei 2009

Hasil Penjurian Hot News Mading Competition se-DIY.



Juara 1
SMUN 2 Yogyakarta




Komentar tim juri :
Mading yang satu ini terbukti memberikan penampilan yang berbeda dari mading lainnya. Secara visual, komposisi bentuk/layout, warna, bahan dan pemilihan konsep yang disajikan mampu menarik perhatian para tim juri. Ada beberapa poin yang menjadi patokan penilaian tim juri. Yang pertama adalah pemilihan judul Feuille (diambil dari bahasa Perancis yang berarti kertas). Feuille ini disesuaikan dengan bahan mading yang terbuat dari kertas daur ulang dan bahasa yang digunakan (bahasa Perancis) disesuaikan dengan topik berita yang diangkat, yakni Fashion dimana telah kita ketahui sendiri bahwa Perancis merupakan Negara yang terkenal akan fashionnya. Poin yang kedua adalah mengenai bentuk komposisi dan warna. Mading yang berbentuk portrait ini telah membuktikan bahwa tim mading SMUN 2 Yk mampu mengeksplorasi kreativitas mereka lebih jauh. Mereka mampu keluar dari kesan formalitas terhadap bentuk/format mading seperti biasanya (berbentuk landscape), dan ini merupakan kreativitas tinggi yang patut diapresiasi bagi kami. Selain bentuk yang unik, warna madding yang catchy dan sedap dipandang mata menjadi nilai plus tersendiri. Poin yang ketiga adalah kefokusan berita mengenai fashion. Hampir di setiap rubrikasi menyinggung mengenai persoalan fashion, terlebih dengan adanya polling yang mereka lakukan di sekolah menjadi nilai tambah bagi mading mereka.



Juara 2
SMUN 1 Bantul



Komentar Tim Juri :
SMUN 1 Bantul dengan Madingnya yang berjudul Gaplek (Gawean Anak Pintar & Intelek) berhasil menduduki peringkat kedua. Ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan tim juri untuk memilih Mading SMUN 1 Bantul sebagai Juara kedua dalam kompetisi ini. Poin pertama adalah dari segi visual dan komposisi layout mading. Sekilas jika kita melihat mading SMUN 1 Bantul ini tampak sederhana (simple), namun dari tampilan yang simple itulah yang menjadi applaus dari Tim Juri. Pengaturan komposisi mading yang proporsional serta warna yang dinamis dengan komposisi tersebut membuat mading ini sedap dipandang oleh para pembaca. Begitupula dengan pemilihan bahan mading yang boleh kita katakan cukup unik dan hemat akan biaya. Bahan mading yang mereka gunakan adalah bahan-bahan bekas seperti kardus, daun pisang yang dikeringkan, dll. Sedangkan dari segi nilai berita yang diangkat juga cukup menarik dibandingkan dengan mading lainnya. Di sesi kedua mereka juga mengupdate berita dengan topik berita yang terbaru/terkini.

Juara 3
SMUN 4 Yogyakarta



Komentar Tim Juri :
Pada penilaian sesi pertama mading dari SMUN 4 Yk ini masih terlihat biasa saja. namun di sesi kedua mereka mengubah total madingnya dengan tampilan yang lebih menarik. Pada mading sesi dua ini mereka memakai konsep “bumi”. Dapat dilihat dari bahan mading yang digunakan seperti daun yang dikeringkan dan jenis bahan alam lainnya menjadi pemanis tersendiri sesuai dengan konsep mading mereka. Warna hijau yang menjadi simbol warna lingkungan/bumi juga menjadi salah satu poin penilaian akan kesesuaian tema/konsep mading. Di samping itu, topik berita yang diangkat cukup konsisten, yakni membahas persoalan mengenai “bumi”. Atas dasar tersebut, tim juri menilai bahwa SMUN 4 Yk layak mendapat peringkat ketiga, khususnya atas usaha mereka yang telah mengubah total madingnya menjadi lebih baik di sesi dua.

Juara Favorit
SMU Bopkri Satu Yogyakarta


Komentar Tim Juri :
Walau pada poin penilaian tim juri mereka menduduki urutan kelima, namun pada poin polling SMS mereka mampu menduduki sebagai urutan pertama. Hal tersebut membuktikan bahwa SMU Bosa layak mendapatkan Juara Favorit pada kompetisi mading saat ini.

1 komentar:

  1. bopkri satu..
    simple banget tapi jadi favorit
    apa ya rahasiannya???

    BalasHapus